I. Kuesioner Evaluasi Organisasi Di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan



NO PERNYATAAN STS TS S SS
1 Penyusunan visi, misi, dan rencana strategis melibatkan sebagian besar pegawai.
2 Sebagian besar pegawai memahami visi, misi, dan rencana strategis.
3 Pimpinan memahami visi, misi, dan rencana strategis unit kerja
4 Visi, misi, dan rencana strategis unit kerja disosialisasikan secara intensif kepada semua pegawai d
5 Unit kerja melakukan evaluasi terhadap pencapaian visi, misi, dan rencana strategis.
6 Semua tugas dan fungsi unit kerja dapat dilaksanakan
7 Tidak ada duplikasi tugas dan fungsi di lingkungan unit kerja
8 Unit kerja melakukan evaluasi terhadap tugas dan fungsi
9 Hasil evaluasi tugas dan fungsi ditindaklanjuti dengan melakukan penataan tugas, fungsi, dan/atau or
10 Struktur organisasi yang ditetapkan sudah mampu mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi.
11 Struktur organisasi sudah menggambarkan rencana pencapaian visi dan misi organisasi.
12 Struktur organisasi sudah didasarkan pada analisis beban kerja dan analisis jabatan
13 Struktur organisasi sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
14 Struktur organisasi disusun dengan mempertimbangkan ketersediaan sumber daya organisasi.
15 Program dan kegiatan disusun berdasarkan tugas dan fungsi unit kerja.
16 Pimpinan melibatkan sebagaian besar pegawai dalam penyusunan program dan kegiatan.
17 Pimpinan melibatkan pemangku kepentingan dalam penyusunan program dan kegiatan.
18 Program dan kegiatan disosialisasikan kepada seluruh pegawai.
19 Unit kerja saudara melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan setiap tahun.
20 Mekanisme pelaksanaan tugas dan fungsi dituangkan ke dalam prosedur operasional standar/standard ope
21 Penyusunan POS/SOP melibatkan sebagian besar pegawai.
22 POS/SOP dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.
23 Pimpinan mempunyai komitmen dengan POS/SOP yang telah ditetapkan.
24 Pegawai mempunyai komitmen dengan POS/SOP yang telah ditetapkan.
25 POS/SOP diinformasikan kepada semua pemangku kepentingan.
26 Dalam kondisi tertentu pimpinan dan pegawai melakukan tugas dan fungsi di luar POS/SOP
27 Unit kerja menyediakan sarana untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna layanan.
NO PERNYATAAN STS TS S SS
28 Unit kerja membuat kebijakan/peraturan sesuai dengan kebutuhan pelanggan/pengguna layanan.
29 Unit kerja menyediakan sarana untuk mendapatkan informasi layanan.
30 POS/SOP setiap layanan mudah diakses oleh pengguna layanan.
31 Unit kerja secara periodik melakukan evaluasi terhadap POS/SOP layanan.
32 Unit kerja menyediakan sarana untuk menyampaikan keluhan/pengaduan terhadap layanan yang diberikan.
33 Unit kerja menindaklanjuti setiap keluhan/pengaduan yang disampaikan oleh pelanggan.
34 Petugas memberikan layanan dengan sikap yang baik (sopan dan ramah).
35 Petugas menanggapi setiap pertanyaan pelanggan dengan baik.
36 Petugas mampu menjalankan tugas dengan baik (profesional).
37 Informasi layanan diperbaharui sesuai dengan perkembangan.
38 POS/SOP yang disusun memiliki standar waktu layanan.
39 POS/SOP yang disusun memiliki standar biaya sesuai yang ditetapkan.
NO PERNYATAAN STS TS S SS
40 Unit kerja memiliki perencanaan pegawai yang tepat (manpower planning).
41 Perencanaan kebutuhan pegawai didasarkan pada hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja.
42 Jumlah pegawai yang ada sudah sesuai dengan kebutuhan organisasi.
43 Pegawai mempunyai kompetensi sesuai dengan kebutuhan organisasi
44 Setiap pegawai mempunyai uraian tugas yang jelas.
45 Penempatan pegawai sesuai dengan kompetensinya. (the right person on the right place).
46 Unit kerja memiliki pola pengembangan karir pegawai.
47 Unit kerja memiliki sistem pengembangan kompetensi pegawai.
48 Rotasi pegawai (tour of duty atau tour of area) dilakukan secara berkala
49 Rotasi pegawai dilakukan dengan memperhatikan kompetensi pegawai
50 Rotasi pegawai dilakukan dengan memperhatikan peta jabatan
51 Unit kerja melakukan evaluasi terhadap kebijakan pengembangan sumberdaya manusia
52 Unit kerja memiliki rencana kebutuhan sarana dan prasarana
53 Sarana dan prasarana yang tersedia sesuai dengan kebutuhan
54 Peralatan kerja dilengkapi dengan petunjuk penggunaan
55 Pegawai memahami cara pengoperasian dan perawatan peralatan kerja
56 Pimpinan memiliki komitmen untuk mengoptimalkan pemanfaatan peralatan kerja
57 Pegawai memiliki komitmen untuk mengoptimalkan pemanfaatan peralatan kerja
58 Pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan secara berkala
59 Unit kerja memiliki perencanaan program dan anggaran.
60 Pelaksanaan tugas dan fungsi didukung anggaran yang memadai
61 Pengelolaan anggaran dilaksanakan secara akuntabel dan transparan
62 Pimpinan memiliki komitmen untuk menggunakan anggaran sesuai dengan ketentuan peraturan.
63 Pegawai memiliki komitmen untuk menggunakan anggaran sesuai dengan ketentuan peraturan.
NO PERNYATAAN STS TS S SS
64 Pegawai diberi kesempatan untuk menyampaikan ide, pendapat dan pemikirannya.
65 Pegawai diberi kesempatan untuk meningkatkan kompetensi
66 Pegawai memiliki motivasi untuk meningkatkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan organisasi
67 Pegawai merasa nyaman dalam melaksanakan tugasnya
68 Pegawai memiliki komitmen untuk melaksanakan tugas sesuai dengan visi dan misi organisasi.
69 Pegawai mengetahui dan memahami kode etik
70 Pegawai melaksanakan tugas sesuai kode etik
71 Pegawai mempunyai komitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan
72 Pimpinan melaksanakan pembinaan pegawai dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
73 Pimpinan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi pegawai.
74 Pimpinan memberi informasi mengenai nilai-nilai dan kebijakan organisasi kepada pegawai.
75 Pimpinan memberikan motivasi untuk pengembangan karier pegawai.
76 Pimpinan memberikan arahan terhadap pelaksanaan tugas kepada pegawai sesuai prioritas.
77 Pimpinan merespon/mengakomodasi ide-ide pegawai untuk kemajuan organisasi.
78 Pimpinan memberikan apresiasi (reward and punishment) terhadap kinerja pegawai.
79 Pimpinan peduli terhadap permasalahan yang dihadapi pegawai.
80 Unit kerja menyediakan media untuk menyampaikan aspirasi dari seluruh pegawai
81 Perubahan cara kerja dilakukan untuk peningkatan kebutuhan pelanggan
82 Pimpinan mengkomunikasikan setiap perubahan yang terjadi dalam unit kerja
83 Perubahan cara kerja melibatkan sebagian besar pegawai